KURIKULUM
TK / RA BANIL AUTHON JL.PARAPAT Gg. SAKINAH RANTAUPRAPAT
A. KURIKULUM
Pendidikan
terhadap anak seyogyanya dilakukan sejak anak berusia dini, dan
sebaiknya dilakukan oleh orang tua langsung, tetapi disebabkan
perkembangan ilmu pengetahuan dan keterbatasan waktu orang tua untuk
melakukan pendidikan pada anaknya, maka diperlukan lembaga pendidikan
yang menjadi pengganti orang tua melakukan tugas pendidikan. Sejalan
dengan perkembangan dan tuntutan zaman terhadap mutu dan kualitas
pendidikan, berbagai perundang-undangan telah dikeluarkan pemerintah
untuk meningkatkan mutu pelayanan pendidikan pada Pendidkan anak usia
dini.
Barawal
hal tersebut PAUD dan RAUDHATUL ATHFAL BANIL AUTHON sebagai lembaga
pendidikan anak usia dini berbasis ISLAM berupaya membantu anak didik
/santri mengembangkan berbagai potensi baik Fisik maupun psikis yang
meliputi Moral , etika dan nilai luhur budi pekerti dan nilai-nilai
agama, Sosial, emosional, kognitif, bahasa, fisik/motorik, kemandirian,
seni, sains untuk siap memasuki pendidikan dasar.
Untuk
lebih memudahkan dalam penyusunan program kegiatan pembelajaran yang
disesuaikan dengan pengalaman dan usia santri, maka bidang kurikulum
PAUD-TK/RA BANIL AUTHON menetapkan:
I. PEMBIASAAN DAN KETELADANAN
Menanamkan nilai kebajikan dalam kehidupan sehari-hari siswa dilakukan secara kontinyu dan konsisten lewat pembiasaan seperti : motivasi awal masuk dan ketika hendak pulang sekolah, membaca
iqra’, doa-doa sehari-hari, tahfiz ayat / surah pendek, praktek ibadah
sholat, wudu’, kalimah thoyyibah, aqidah akhlak dan cerita Islami, Film showing yang diharapkan bisa melatakkan dasar-dasar / bekal menjadianak sholeh sholehah.
Serta melatih sosial kepedulian dengan sesama peduli dengan kebersihan dan lingkungan, Mengendalikan emosinya secara wajar sehingga lebih mampu untuk berinteraksi dengan lainnya. Mengenalkan indahnya berbagi lewat sedekah Menerapkan
konsep DIRI dan Kecakapan diri dan pengembangan KEBERANIAN SERTA
KEMANDIRIAN seperti membuka/memakai sepatu meletakkan tas dan
perlengakpan lainnya diloker, dan bersuci (istinja”).
II. PENGEMBANGAN KOMPETENSI YANG DIJADIKAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN
A. Kompetensi Akhlak prilaku : mengenalkan akhlak terpuji dan tidak terpuji
B. Agama Islam : mencintai agama Islam dan penerapan nilai Islam
dalam keseharian
dalam keseharian
C. Kognitif : mengembangkan kemampuan berfikir
D. Fisik / motorik : melatih gerakan kasar dan halus, meningkatkan
ketrampilan tubuh
E. Kopeteni berbahasa : mengungkapkan pikiran lewat bahasa secara
tepat, santun dan efektif
tepat, santun dan efektif
F. Kompetensi seni : menciptakan sesuatu berdasarkan hasil imajinasinya,
menghargai hasil karya kreatif.
sentra Seni, Sentra Agama, sentra Bahasa, sentra keluarga.
A. KONSULTASI PSIKOLOGI
ORANG TUA/WALI MENGIKUTI PEMAPARAN MATERI PSIKOLOG
NARA SUMBER :
IBU NURLEHA RITONGA, MPsI
NURLEHA RITONGA,MPs.I
B. OUT BOND
RENANG (BERMAIN AIR)
C. PARENTING / FAMILY DAY
D. PENGENALAN TOKOH NASIONAL
MENANAMKAN KARAKTER
- HARI KARTINI
- HARDIKNAS
KIHADJAR DEWANTARA
- JENDERAL SOEDIRMAN
E. SCHOOL MEETING
ROAD TO SDIT ROBBANI
F. PRAKTEK IBADAH
- WUDHU'
- SHOLAT WAJIB
- SHOLAT DHUHA
G. MOTHER'S DAY
SISWA/I MENYEDIAKAN
CENDERA
MATA UNTUK MAMA......
KREATIF...
THANK'S MUALLIMAH
H. BUKA PUASA BERSAMA
PARADE
MEWARNAI
FASHION SHOW
HULAHOP
J. OUTDOOR STUDY
K. PENDIDIKAN SEDEKAH
ROAD TO PANTI
ASUHAN NAMIRA
L. PHBI
M. HOME VISITING
N. POSYANDU & PEMERIKSAAN
KESEHATAN
O. MANASIK HAJI
P. JAMA'AH DHUHA....(buat siswa dan orang tua)
Q. ARISAN PANTI.....(Melatih empati dengan saudara yang kurang mampu)
R. FILM SHOWING
S. HAFLAH AKHIRUSSANAH
Tidak ada komentar:
Posting Komentar